Beranda | Artikel
Sikap Bijak Muslim Menyikapi Kehidupan (Ustadz Abu Qatadah)
Minggu, 13 September 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Qatadah

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Qatadah

Rekaman video: Ustadz Abu Qatadah – Sikap Bijak Muslim Menyikapi Kehidupan

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Sikap Bijak Muslim Menyikapi Kehidupan

Ada empat sebab utama di mana Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengangkat derajat seorang hamba. Sebab yang pertama adalah dengan sebab keimanannya. Hal ini Allah Subhanahu wa Ta’ala jelaskan dalam surat ke-8, Surat Al-Anfal, dari ayat yang ke-2 dan setelahnya:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ‌ اللَّـهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَىٰ رَ‌بِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ . الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَ‌زَقْنَاهُمْ يُنفِقُونَ . أُولَـٰئِكَ هُمُ الْمُؤْمِنُونَ حَقًّا ۚ لَّهُمْ دَرَ‌جَاتٌ عِندَ رَ‌بِّهِمْ وَمَغْفِرَ‌ةٌ وَرِ‌زْقٌ كَرِ‌يمٌ ﴿الأنفال : ٢-٤ ﴾

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. (Yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezeki (nikmat) yang mulia.” (QS Al-Anfal [8]: 2-4)

Di dalam ayat ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan kepada kita bahwa Allah akan mengangkat derajat seorang hamba dengan sebab beriman. Hanya saja orang-orang yang beriman adalah orang-orang yang apabila disebut nama Allah, maka mereka bergetar hatinya dan bertambah imannya, kemudian disebutkan mereka adalah orang-orang yang menunaikan shalat, zakat, dan bertawakkal kepada Allah. Itulah orang-orang yang beriman. Lalu dikatakan, bagi mereka adalah derajat yang tinggi di sisi Rabb mereka.

Poin pertama, di dalam ayat yang mulia ini, Allah menjelaskan kepada kita, derajat seorang hamba, baik di dunia maupun nanti di hari kiamat, adalah seukuran tinggi-rendahnya keimanan seseorang kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Poin kedua, bahwa Allah Ta’ala akan mengangkat dari seorang hamba dengan sebab amal shalihnya, dengan sebab dia beramal dan melakukan kebajikan-kebajikan. Allah Ta’ala berfirman:

وَمَن يَأْتِهِ مُؤْمِنًا قَدْ عَمِلَ الصَّالِحَاتِ فَأُولَـٰئِكَ لَهُمُ الدَّرَ‌جَاتُ الْعُلَىٰ ﴿طه : ٧٥﴾

Lalu bagaimana seorang yang beriman dengan bijak menyikapi kehidupan di dunia ini agar selamat di akhirat kelak? Mari simak ceramah agama ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Abu Qatadah – Sikap Bijak Muslim Menyikapi Kehidupan

Mari bagikan ceramah agama ini melalui akun media sosial yang kita miliki.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/15914-sikap-bijak-muslim-menyikapi-kehidupan-ustadz-abu-qatadah/